15 Kebijakan Pakai AdSense Google




Maraknya mesin pencari uang di zaman teknologi ini, mendorong sebagian orang memilih untuk mencari uang di internet salah satunya melalui iklan / ads. 


Beberapa penyedia ads memiliki kebijakan dan peraturan masing-masing khususnya AdSense Google. Aturan tersebut bertujuan agar mengurangi beberapa orang yang melakukan hal curang dalam meraup keuntungan dari iklan / ads. 

Berikut kebijakan dan peraturan yang harus kamu ketahui dalam menggunakan AdSense Google : 

1. TIDAK BOLEH KLIK IKLAN SENDIRI 

Pemilik blog atau website tidak boleh klik iklannya sendiri dengan tujuan menambah atau meningkatkan jumlah klik pada iklan yang dipasang oleh si pemilik website. Mungkin ada beberapa orang yang melakukan hal ini karena tidak sabar untuk menarik pendapatan dari adsense tersebut.

2. TIDAK BOLEH MEMBERIKAN JANJI PALSU ALIAS PHP

Pemilik blog atau website tidak boleh meminta, mengemis, menghasut, bahkan memberikan janji palsu kepada orang lain untuk klik iklan yang dipasang. Misalnya kamu memberikan hadiah atau reward kepada pengunjung website dengan syarat klik iklan yang dipasang. Ada beberapa poin penting dalam hal ini : 

- Tidak boleh memberikan jaminan bagi hasil atau kompensasi kepada pengunjung website untuk klik iklan kamu kayak PHPin mantan temen. 

- Tidak boleh menggunakan bahasa atau kalimat yang mengundang orang untuk klik iklan kamu, seperti "AYO KLIK IKLAN DISINI" atau "KLIK IKLAN INI SUPAYA KAMU GANTENG".

- Dilarang menggunakan tanda-tanda yang mencolok, seperti tanda panah atau gambar miyabi.

- Tidak boleh menempatkan iklan dengan gambar yang menyesatkan seperti gambar kimi hime.

- Tidak boleh menempatkan iklan yang melayang atau mengambang seperti empang lele.

- Tidak boleh merubah, mengedit, atau costum iklan dengan gambar kimi hime sehingga tidak dapat dibedakan dengan konten lain pada halaman tersebut. Misalnya 10 gambar kimi hime untuk di klik.

- Tidak boleh merubah konten pada halaman website sehingga sulit membedakan dengan iklan. Misalnya isi konten tentang kimi hime dan gambar iklan dengan muka kimi hime. Membuat pengunjung bingung mau klik yang mana.

- Tidak boleh menempatkan label yang menyesatkan di atas iklan google. Misalnya "PENAWARAN TERBAIK HARI INI" atau "SITUS FOTO MENARIK KIMI HIME"

3. TIDAK BOLEH MENEMPATKAN IKLAN PADA ISI HALAMAN YANG BERSIFAT SARA, PORNOGRAFI, DAN DILUAR KONTEKS KEMANUSIAAN.

Pemilik website tidak boleh menempatkan iklan adsense google pada halaman yang berisi konten dewasa 17+ , SARA - suku ras dan agama, mendukung diskriminasi, dan diluar konteks kemanusiaan seperti menghasut, menebar kebencian, menjual narkoba, hacking, senjata dan amunisi, alcohol, gambar pembunuhan atau penyiksaan dan hal-hal yang ilegal yang tidak diperbolehkan dalam hukum maupun diluar nalar logika manusia.

4. TIDAK BOLEH MELAKUKAN MANIPULASI 

Pemiliki website tidak boleh melakukan manipulasi iklan yang ditayangkan dengan cara memberi pesan palsu, membuat pengunjung terpaksa mengklik menu iklan terlebih dahulu, mengelabui pengunjung dengan tanda atau teks yang mengarah pada iklan. Pokoknya jangan bikin hal yang menipu dan mengelabui bikin tipu muslihat kayak pacar yang mau selingkuh. 

5. TIDAK MENJADI PENGIKLAN PALSU

Jika pemilik iklan menggunakan fitur ads.txt pada domain-nya. Pemilik iklan harus memastikan bahwa sang pemilik merupakan penjual resmi dan terdaftar.

6. DILARANG PEMBAJAKAN HARUS ORIGINAL

Pemilik website tidak boleh menempatkan iklan google pada halaman atau konten yang dilindungi undang-undang hak cipta atau DMCA. Kecuali pemilik iklan memiliki hak hukum pada halaman atau konten tersebut. Jika google menerima laporan pelanggaran ini maka adsense akan di hentikan.

7. TIDAK BOLEH MENJUAL BARANG PALSU

Pemilik website tidak boleh menempatkan iklan google pada halaman yang menawarkan atau promosi barang palsu atau KW dengan merk dan logo yang sulit dibedakan dengan aslinya ori. Misalkan menjual baju atau tas GUCCI murah, sepatu CONVERSE murah, dan sejenisnya.

8. SUMBER TRAFFIC /  SUMBER PENGUNJUNG

Tidak boleh menempatkan iklan pada halaman yang menerima traffic dari sumber tertentu. Seperti menggunakan pihak ketika paid-to-click pertukaran klik antar iklan, mengubah setelan browser yang memicu pop up sehingga mengarah pada iklan google.

9. MELAKUKAN HAL YANG BERLEBIHAN PADA IKLAN

Pemilik iklan diperbolehkan melakukan modifikasi pada kode iklan adsense selama tidak melakukan hal yang tidak semestinya atau membahayakan pemilik iklan. Seperti memberikan script custom diluar standar.

10. PENEMPATAN IKLAN

Pemilik website berhak menyusun letak atau posisi kode adsense. Namun tidak boleh menempatkan kode adsense pada popup, email, atau software baik sengaja maupun tidak disengaja. Hal ini sering kita temui di beberapa website.

11. PERILAKU SITUS

Iklan yang dipasang pada website harus mudah terlihat dan dijelajahi pengunjung, seperti iklan foto kimi hime. Mengalihkan pengunjung ke situs yang tidak diinginkan, mengandung malware, atau berisi pop up yang mengganggu navigasi website si pemilik iklan.

12. PERSYARATAN TEKNIS

Gunakan bahasa yang didukung, jangan pake bahasa alay. Karena produk google tidak mendukung semua bahasa. Jika menggunakan format display AFC dan Adx harus menggunakan salah satu frame tampilan yang sesuai persyaratan adsense google.

13. COOKIE IKLAN GOOGLE 

Pemilik adsense harus memiliki dan mematuhi kebijakan privasi dalam menggunakan pihak ketiga yang dapat menempatkan dan membawa cookie di browser pemilik atau menggunakan web beacon untuk mengumpulkan informasi sebagai hasil penayangan iklan di website kamu.

14. MENGIDENTIFIKASI PENGGUNA DAN IZIN PENGGUNA

Kamu tidak boleh memberikan informasi apapun yang dikenali oleh google sebagai data privasi atau identitas pribadi pada URL iklan adsense. Dengan kata lain mengcostum URL standar dan menyisipkan data diri kamu seperti nomor handphone, email dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diingikan oleh pemilik website dan iklan tersebut.

15. CHILDREN'S ONLINE PRIVACY PROTECTION ACT (COPPA)

Jika kamu menempatkan iklan google pada website atau bagian pada situs yang termasuk dalam COPPA / Undang-undang perlindungan tentang privasi aktivitas online pada anak, kamu harus memberitahu google bagian dari website yang mengandung COPPA melalui console COPPA. Tidak boleh memberikan iklan menurut minat termasuk pemasaran ulang untuk menargetkan hal yang ditujukan untuk umur 13 tahun keatas atau dibawah 13 tahun.

Semoga bermanfaat dan buat kamu makin pintar. Terima kasih sudah berkunjung. ^^