Jenis dan Tipe Coupler

Painting - Pages Link

Hai guys, dari pada bengong mending share sedikit tentang Coupler. Langsung saja yah, Coupler berfungsi sebagai penyambung selang. Coupler banyak dipakai untuk gas, air, angin/udara. Tapi pada kali ini saya mau share tentang Coupler angin/udara. Bagi seorang painters pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, karena banyak digunakan pada penyambung selang-kompresor, maupun selang-spray gun.

Tipe dan Jenis Coupler
Tipe dan Jenis Coupler

Biasanya yang dipakai tipe SH,SP, dan PF. Saya juga pake 3 tipe ini dikombinasi dengan yang lain...Buat saya lebih enak pake tipe SP, karena tipe ini bisa cabut lepas..eitsss apanya tuh...xixixixi yang pasti selangnya donk, jadi lebih mempermudah kita buat ganti selang (Screen 1) dibandingkan kita memakai ujung keran 1/4 (Screen 2)...Perlu diingat tipe SP hanya untuk selang dengan diameter lubang kecil (screen 3)...Jadi ujung dan ujung sama kepalanya pake SP (ke kompresor 1 ke spray gun 1)

Screen 1
Screen 2
Screen 3
Alasan kenapa saya pake tipe SP:

1. Karena lebih simpel walaupun pakai selang kecil (Screen 4)
2. Karena selang kecil lebih lemas alias tidak kaku
3. Dan tidak perlu pake sistem clep pengikat buat ngencengin selang dan Coupler, kadang harus  dibakar biar tidak ada udara yang keluar..Susah nantinya kalau mau ganti ujung kran 1/4 maupun Couplernya karena harus potong selang kalau ga bisa dicabut. (Screen 5) (Screen 6)


Screen 4

Screen 5

Screen 6

Selain itu dudukan didalam coupler berbeda beda ada yang berbentuk plus (Screen 7), ada juga yang min (Screen 8), kalo saya suka pake yang min (Screen 8), karena tiap kali beli yang model plus (Screen 7) selalu bocor, tidak pernah cocok dan pastinya capek bolak balik cuman nukar Coupler.

Screen 7

Screen 8

Lalu untuk model yang sekarang sudah ada penyambung selang yang praktis dan simpel namanya Pneumatik




Jenis dan Tipe Pneumatik
Sekian pembahasan soal jenis-jenis Coupler dan teman-temannya, semoga bermanfaat buat sobat semua. Berikut gambaran harga alat-alat waktu saya beli :

1. Kran 1/4+Ujung  +-Rp. 7500/pcs

2. Coupler SH+PF atau SP +-Rp. 25.000/pcs

3. Coupler PF (penyambung) +-Rp. 10.000/pcs

4. Pneumatik +-Rp. 5.000/pcs (tergantung model)

5. Selang Lubang Kecil +-Rp. 7.500/Meter

6. Selang Lubang besar +-Rp. 10.000/Meter

7. Klep selang +-Rp. 2.500/pcs

8. Untuk Harga tergantung tempat...


Sekian penjelasan saya tentang Coupler dan teman-temannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. ^^