Tipe dan Jenis Spray Gun Dalam Dunia Painting


Kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang alat utama yang dipakai dalam dunia painting, yaitu SPRAY GUN.  Apa itu SPRAY GUN ? penjelasan simplenya spray gun merupakan alat semprot untuk cat dengan memanfaatkan dorongan angin sehingga mempercepat proses pengecatan dan hasil warna lebih rapih dan merata. Kalau bahasa modern-nya adalah HVLP - High Volume Low Preasure

Ada beberapa jenis spray gun yang perlu kamu ketahui, yaitu : 

1. Spray Gun Suction / Tabung Bawah

Spray Gun Suction memiliki tabung cat di bawah. Spray Gun jenis ini membutuhkan angin/preasure yang besar agar cat dapat terhisap dan mengeluarkan semburan cat yang stabil. Selain itu spray gun ini memiliki bentuk yang besar, sehingga sulit menjangkau bidang permukaan yang kecil namun memiliki daya tampung cat yang besar sehingga spray gun ini cocok untuk permukaan yang lebar dan luas seperti tembok atau pagar.   

Spray Gun Suction
Spray Gun Suction

2. Spray Gun Gravity / Tabung Atas

Spray Gun Gravity memiliki tabung cat di atas. Dengan posisi tabung diatas spray gun, cat secara otomatis turun ke dalam nozzle dan angin hanya berfungsi mendorong cat keluar sehingga tidak menghabiskan banyak angin. Spray Gun ini sering dipakai untuk pengecatan mobil, motor, dan bidang permukaan yang lebar. Ada 3 model pada spray gun jenis ini : 

Spray Gun Gravity Versi Lama
Spray Gun Gravity Versi Lama
Spray Gun model ini memiliki tabung steel chrome dan posisi tabung berada di samping atas. Karena tabung ini memakai bahan steel maka sulit untuk melihat cat yang tersisa ketika sedang pengecatan. 
Spray Gun Gravity DOT
Spray Gun Gravity DOT
Spray Gun model DOT ini memiliki bentuk yang kecil dan daya tampung cat yang sedikit. Sering digunakan untuk pengecatan sudut yang sulit dan kecil seperti kerangka motor, dan sejenisnya. Ciri khas dari tipe dot ini adalah bentuk air cap yang kerucut.
Spray Gun Gravity Versi Terbaru
Spray Gun Gravity Versi Terbaru
Lalu Spray Gun model ini merupakan pengembangan dari model tabung steel, yaitu dengan memakai bahan plastik dan knob/panel pengaturan yang lebih mudah dan akurat. Karena terbuat dari plastik maka kita bisa melihat cat yang tersisa tanpa membuka tutup tabung. Selain itu ada pula yang memakai tabung plastik yang bening transparan.
Majunya teknologi dan berkembangnya dunia painting, spray gun gravity memiliki fitur canggih yaitu REGULATOR DIGITAL. Namun tidak semua merk spray gun memiliki fitur ini.

SPG Regulator Digital
SPG Regulator Digital
3. Pen Airbrush

Spray gun ini memiliki bentuk yang sangat kecil hampir seperti pulpen. Tabung sangat kecil, daya semprot yang sangat halus karena tidak membutuhkan preasure angin yang besar. Memakai airbrush harus mempunyai ketelitian dan kesabaran ekstra, karena dalam menggunakannya haruslah tipis-tipis dan bertahap dalam setiap detail gambar. Airbrush tidak hanya dipakai untuk pengecatan bidang otomotif saja tetapi dipakai juga pada seni painting lainnya, seperti nail art, face and body art, makeup dan sejenisnya.

Pen Airbrush
Pen Airbrush

Bagian Pada Spray Gun HVLP

Setelah mengetahui jenis dan tipe spray gun, berikut bagian yang terdapat pada spray gun :
Bagian Spray Gun HVLP
Bagian Spray Gun HVLP


1. Spray Cup Gravity / Tabung Cat Gravity

Berfungsi untuk menampung cairan cat.

2. Spray Nozzle / Jarum Semprot

Berfungsi untuk mengeluarkan atau membuka tutup cairan cat. Nozzle memiliki beberapa ukuran 0.8mm sampai 2.2mm dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Nozzle mengikuti ukuran pada air cap.

Nozzle Spray Gun
Nozzle Spray Gun
3. Air Cap 

Berfungsi mengatur arah pancaran semprotan cat baik secara vertical maupun horizontal. Air cap memiliki beberapa ukuran 0.8mm sampai 2.2mm dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Biasanya air cap sudah sepaket dengan nozzlenya.

Air Cap Spray Gun
Air Cap Spray Gun
4. Pothook / Gantungan 

Berfungsi untuk mengantung spray gun.

5. Trigger / Pelatuk Tembakan

Berfungsi sebagai pelatuk tembakan cat / buka tutup dorongan angin dan cat. Buka setengah keluar angin, buka penuh angin dan cat keluar.

6. Flow Control 

Berfungsi mengatur bentuk pancaran cairan cat. Bentuk lingkaran (Circle) atau memanjang (Ellipse).

7. Spray Painting Regulator / Pattern Control

Berfungsi mengatur volume / besar kecilnya cairan cat yang keluar pada saat ditembakkan.

8. Air Control

Berfungsi mengatur volume / besar kecilnya angin yang masuk ke dalam spray gun.

9. Air inlet

Berfungsi sebagai tempat masuknya angin melalui coupler dan selang.


Bagian Pada Pen Airbrush

Berikut bagian apa saja yang terdapat pada pen airbrush :



1. Pigment Cup

Berfungsi menampung cairan cat. Biasanya para profesional airbrush memakai cat khusus untuk menghasilkan warna yang halus.

2. Nozzle

Berfungsi untuk mengeluarkan cairan cat. Ukuran pada nozzle airbrush sangat kecil dibandingkan HVLP, sehingga perlu perawatan ekstra.

3. Control Switch

Berfungsi mengatur buka tutup semprotan cat, dorong ke depan semprotan cat akan keluar. Perlu diingat apa yang terlihat belum tentu mudah, perlu latihan yang serius untuk memperhalus dan menghasilan detail brush yang rapih. Buat kamu yang tangannya suka gemetaran tidak disarankan..hahahah

4. Pigment Adjustment

Berfungsi mengatur volume / besar kecilnya cairan cat yang keluar.

5. Inlet Interface

Berfungsi sebagai tempat masuknya angin melalui coupler dan selang.


Sekian penjelasan dari saya tentang tipe dan jenis spray gun. Nantikan informasi lainnya dari saya dalam dunia painting. Semoga bermanfaat dan membuat kamu makin pintar. Terima kasih sudah berkunjung. ^^