Fakta Tentang Bleaching Rambut


Bosan dengan rambut hitam dan ingin tampil beda? Yup itulah yang selalu diinginkan kaum hawa dalam mempercantik diri. Tidak heran kalau seorang perempuan berani mengeluarkan budget besar untuk memperindah mahkota rambutnya. Karena sebagian besar kepercayaan diri pada perempuan terletak pada rambut. Namun berkembangnya style dan fasion memaksa pria untuk tampil lebih menarik, dalam hal ini melakukan coloring pada rambut. Berikut fakta tentang coloring rambut berdasarkan pengalaman saya :

1. BLEACHING DAPAT MERUSAK RAMBUT.


Saya katakan BENARRRR bleaching bisa merusak rambut kamu. Seperti kusut, susah diatur, mudah patah, rapuh dan berujung kerontokkan karena sifatnya menghilangkan warna pigmen asli pada rambut. Awal mula saya ingin mempunyai rambut berwarna silver grey atau putih. Akhirnya saya mengunjungi teman dan berkonsultasi soal warna rambut yang saya inginkan. Singkat cerita saya melakukan bleaching dengan menggunakan merk miranda bleaching + developer makarizo volume 20 sebanyak 3 kali dan saya lanjutkan kembali besoknya 3 kali jadi total 6x proses bleaching. Hasilnya mirip orang bule, namun tidak sesuai yang saya inginkan yaitu silver grey. Saya pun berpikir untuk menggunakan color miranda grey namun saya ragu dan melanjutkan bleaching kembali dengan makarizo powder bleaching + developer makarizo volume 20.

Alasan saya menggunakan volume 20 adalah saya tidak mau rambut saya langsung rusak, karena info yang saya tau kalau memakai volume diatas 20 memang prosesnya lebih cepat terlihat, namun akibatnya diwaktu itu juga seperti patah, kering, dll. Karena disini posisi saya pertama kali coloring rambut, jadi saya ingin mengukur ketahanan rambut yang saya miliki dengan memakai developer 20 secara bertahap. Jadi total keseluruhan bleaching yang saya lakukan adalah 10x. Akhirnya tetap tidak sesuai dengan warna yang saya inginkan yaitu silver grey. Mungkin buat sebagian orang tidak mau pusing, tinggal datang ke salon, bayar dan selesai. Tapi bagi saya selagi bisa dikerjakan sendiri kenapa tidak, hitung-hitung cari pengalaman.

Dengan hasil bleaching 10x rambut saya terlihat kuning muda jadi tidak terlalu terang seperti pertama kali bleaching dan saya pun tidak melanjutkan coloring karena sudah terlihat rambut agak kering dan mengembang walaupun sudah shampoo + conditioner + vitamin setiap harinya. Tidak lama setelah itu saya memotong pendek rambut saya, dan lagi-lagi saya mendapatkan hasil potong yang tidak sesuai harapan saya. Lalu saya memutuskan untuk memakai pomade dan hal yang tidak diingikan terjadi pada rambut saya. Sehabis saya memakai pomade selang beberapa hari rambut saya terasa aneh. Rambut seperti benang kusut, susah disisir, kering, bahkan patah ketika mandi dan sisiran. Hasilnya rambut saya seperti tusuk gigi yang lancip atau bisa dibilang seperti orang yang kena rebounding panas, pokoknya jelek sekali. Akhirnya saya botakin sampai tidak tersisa. Happy Ending #botak

2. RAMBUT DICAT HITAM, TIDAK BISA DI COLOR LAGI.


Teman saya mengatakan rambut kalau sudah diwarnai dan kita cat hitam tidak akan bisa di coloring kembali. Ketidakpercayaan saya akan hal itu membuat saya penasaran. Jadi ketika saya botak dan rambut mulai kembali tumbuh pendek, saya coloring dengan miranda golden brown. Hasil pertama tidak memuaskan, karena warna coklatnya terlalu terang. Namun lama-lama saya suka karena coklatnya pudar sedikit demi sedikit dan bercampur dengan warna hitam asli rambut.

Tidak lama setelah itu saya ingin mencoba produk NYU Blue Black / hitam kebiru-biruan jadi posisi rambut saya masih ada warna golden brown tanpa saya bleaching. Namun hasil tidak sesuai seperti yang terlihat. Memang hitam namun efek birunya tidak beigtu terlihat walaupun dibawah sinar matahari. Setelah beberapa bulan saya ingin mencoba color kembali dengan produk BeautyLabo Natural Blonde dan lagi-lagi hal tidak terduga terjadi. Rambut yang berwarna hanya pada rambut asli saja dari kulit kepala hingga setengah rambut sisanya tetap berwarna hitam.

Saya berpikir mungkin kalau dengan merk yang sama akan bisa, padahal teman saya sudah memberi nasihat waktu itu. Jadi saya memutuskan membeli produk NYU Caramel  dan hasilnya tetap sama. Rambut yang berwarna hitam tidak berubah warna dan tetap hitam. Happy Ending #terpaksabotaklagi

Dari pengalaman saya diatas ada beberapa catatan penting buat kamu yang ingin coloring rambut :

Konsultasi dengan orang yang tepat soal coloring rambut dan serius ngebantu kamu soal coloring. Terkadang kita menemukan orang yang tepat namun menyesatkan.  
Jangan mudah tergoda oleh hasil dari suatu gambar atau produk karena gambar itu merupakan hasil editan bukan realita photo seseorang yang memakai produk tersebut. Bisa saja modelnya memakai produk tersebut namun kondisi rambut dan prosesnya yang berbeda. Hal ini untuk menghindari rasa tidak puas yang akan muncul nantinya.  
Untuk menghasilkan warna yang terang harus malalui tahap bleaching, sebisa mungkin gunakan developer volume rendah terlebih dahulu. Selektif dalam memilih merk produk. Karena harga mahal bukan jaminan hasil yang bagus atau kita inginkan. Terkadang harga bisa bohong. 
Jangan menggunakan pomade tipe wax atau hard pada rambut yang di bleaching atau color, sebisa mungkin pakai pelembab rambut.
Buat kamu yang ragu-ragu atau punya alergi. Aplikasikan cat rambut sedikit pada bagian tengkuk leher atau bagian dalam lengan tangan selama 1-2 jam. Kalau terasa panas atau gatal jangan dipaksakan. Karena ada beberapa orang yang sensitif bahkan alergi. 

Sekian sharing pengalaman saya tentang coloring rambut. Semoga bermanfaat dan buat kamu makin pintar. Terima kasih sudah berkunjung. ^^