Jenis dan Macam Cat Dalam Dunia Otomotif


Warna pelangi di langit begitu indah dilihat. Begitu juga dalam dunia painting khususnya otomotif, ada beberapa jenis cat yang menghasilkan warna yang indah pada motor atau mobil kesayangan kamu. Berikut jenis cat dalam dunia otomotif yang perlu kamu ketahui :

Daftar Isi :

1. CAT STOVING

Jenis cat ini memiliki tingkat ketahanan atau daya rekat yang sangat tinggi. Seperti tahan terhadap goresan, bahkan warna yang bertahan hingga bertahun-tahun. Biasanya cat stoving dipakai oleh pabrik mobil atau motor dan bengkel yang memiliki fasilitas oven sehingga cat kering merata dengan sempurna. Karena harganya yang mahal, hanya pabrik dan bengkel yang mempunyai oven memakai cat jenis ini. Dipasaran cat stoving di range harga ratusan ribu hingga jutaan, tergantung jumlah liter, jenis warna dan merk. 

2. CAT POLYURETHANE (PU)

Jenis cat ini memiliki tingkat ketahanan atau daya rekat lebih rendah dibandingkan cat stoving. Pada umumnya cat PU sering digunakan oleh anak otomatif dalam meng-custom motor atau mobil kesayangannya, karena harga lebih murah dibandingkan stoving dan tetap menampilkan hasil yang berkualitas. Dalam proses pengeringan cat PU bisa menggunakan oven atau non-oven (dijemur dibawah terik matahari panas). Jika pengeringan non-oven harus dipastikan cuaca cerah dan panas agar hasil pengecatan kering dengan sempurna. Sifat dari cat PU sulit untuk mengeras ketika udara lembab atau basah, bahkan harus terbebas dari debu dan kotoran sehingga tidak menempel pada bagian yang belum kering. Dipasaran cat PU di range harga 30 ribuan sampai ratusan ribu, tergantung jumlah liter, jenis warna dan merk.

3. CAT LACQUARE / NC (NITRO CELLULOSE) / CAT DUCO

Jenis ini merupakan cat sejuta umat, alias murah meriah. Tingkat ketahanan dan daya rekat yang kurang baik. Dalam proses pengeringan tidak memerlukan oven cukup dijemur dibawah sinar matahari panas, cepat kusam/pudar dan dapat merusak cat original bawaan pabrik. Biasanya digunakan untuk mengecat bagian rangka kendaraan, furniture, atau bagian yang ingin cepat kering. Buat pemula cocok untuk latihan menggunakan spray gun.    

Dari ketiga jenis cat diatas terdapat beberapa macam warna, yaitu :

1. WARNA SOLID

Disebut juga warna dasar atau konvensional. Hanya 1 komponen warna saja didalamnya seperti hitam, putih, merah, biru, coklat, dan sebagainya. Polos dan tidak ada efek metallic, glitter, ataupun mutiara. Biasanya digunakan untuk base coat atau dasaran pertama.

2. WARNA METALLIC

Sering disebut cat yang memiliki efek glitter atau bercak-bercak silver. Biasanya digunakan untuk top coat sebelum tahapan clear coat atau varnish.

3. WARNA PEARL / MUTIARA

Warna yang mempunyai efek seperti perhiasan mutiara. Efek glitter sangat halus, transparan, dan memberikan efek warna menarik dari sudut pandang yang berbeda.

4. WARNA STABILO

Warna ini merupakan warna solid pekat atau terang seperti warna alat tulis stabilo. 

5. WARNA CHAMELEON / BUNGLON 

Mengandung beberapa komponen jenis warna dan menghasilkan efek warna seperti bunglon yang dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

6. WARNA CANDY 

Memilik warna bening solid, seperti glossy transparan glass.
Dari 5 macam warna diatas, harga warna chameleon dan warna candy sangat mahal tergantung merk dan untuk contoh gambar dari penjelasan diatas bisa kamu cari di google.
Sekian penjelasan tentang jenis cat dalam dunia painting khususnya otomotif. Semoga bermanfaat dan buat kamu makin pintar. Terima kasih sudah berkunjung. ^^